cool hit counter

PWM Jawa Barat - Persyarikatan Muhammadiyah

 PWM Jawa Barat
.: Home > PROGRAM KERJA

Homepage

Program Kerja


Program Wilayah Muhammadiyah Jawa Barat 2010-2015 adalah merupakan Hasil Keputusan Musyawarah Wilayah (Musywil) Muhammadiyah Jawa Barat ke 19 tahun 2010 di STIKes Muhammadiyah Kota Tasikmalaya.  Program tersebut merupakan penjabaran Program Nasional Muhammadiyah 2010-2015 hasil Muktamar Muhammadiyah ke 46 tahun 2010 1 (abad Muhammdiyah) di Jogyakarta yang disesuaikan dengan situasi dan kondisi Jawa Barat.  

 

 

 

A. Program Umum Muhammadiyah Jawa Barat

 

 

Sebagai turunan dari program umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah,  Program umum persyarikatan Muhammadiyah Jawa Barat meliputi enam besaran program yakni program konsolidasi idiologi, program konsolidasi kelembagaan, program pengembnagan kemitraan, program pemberdayaan anggota dan kader, program pemberdayaan keluarga, dan program partisipasi kebangsaan.  

 

 

 

1.  Program Konsolidasi Idiologis

 

Program ini bertujuan untuk teraktualisassikannya prinsip-prinsip, idealisme, dan konsep-konsep dasar gerakan Muhammadiyah Jawa Barat. Program pengembangannya adalah sebagai berikut.

a.  Intensifikasi pembinaan idiologi yang integrative dengan seluruh kegiatan di seluruh lingkungan persyarikatan.

 

b.  Intensifikasi pemasyarakatan dan perujukan manhaj dan program gerakan persyarikatan  Muhammadiyah.   

 

c.  Meningkatkan rutinitas kajian keislaman di setiap tingkatan kepemimpinan dalam rangka merespon berbagai tantangan terhadap persyarikatan yang semakin kompleks.

d.  Intensifikasi koordinasi pembinaan dan pengembangan sekolah kader  antar majlis, lembaga, dan badan persyarikatan;

e.  Menciptakan dan mengembangkan model-model pembinaan jamaah dan peran Muhammadiyah di lapisan masyarakat sadagori.

f.    Pengorganisasian dan penyebaran kader pada lembaga-lembaga strategis lokal,  regional, dan nasional.

g.  Intensifikasi kaderisasi pemikir-pemikir strategis dalam merespon masalah-masalah aktual.

 

 

 

2.  Program Konsolidasi Kelembagaan

 

Program ini bertujuan mempertinggi kualitas manajemen sehingga persyarikatan Muhammadiyah di Jawa Barat mampu berperan aktif dalam memajukan kehidupan ummat dan bangsa. Program pengembangannya adalah sebgai berikut.

a.    Meningkatkan kapasitas gerakan persyarikatan berdasarkan system.

b.   Fungsionalisasi elemen-elemen organisasi dalam rangka meningkatkan kinerja persyarikatan yang efisien efektif dan akuntabel.

c.    Menjadikan dan memperkuat organisasi sebagai gerakan budaya yang menjangkau seluruh lapisan masyarakat.

d.   Mengintensifkan cabangisasi rantingisasi;

 

e.    Membuat proyek paduan Gerakan Jamaah Dawah Jamaah dengan Program Keluarga Sakinah Qoryah Toyyibah. 

 

f.     Membuat peta dawah pada setiap desa atau kecamatan di Jawa Barat.

g.   Menyusun data base persyarikatan yang lengkap menyeluruh;

h.   Meningkatkan kordinasi dan komunikasi pimpinan persyarikatan dengan ortom berbagai tingkatan secara regular;

i.     Mengefektifkan manajemen masjid dan mushalla yang dikelola Muhammadiyah.

j.     Membuat tuntunan dan menerapkan tatakelola organisasi, tatakelola keuangan dan pengawasan serta pembinaannya di seluruh tingkatan organisasi dan amal usaha milik persyarikatan;

k.    Meningkatkan kordinasi, komunikasi, dan kunjungan ke PDM, PCM, dan PRM yang memerlukan pembinaan PWM.

l.     Mengembangkan kelembagaan Lembaga Haji Muhammadiyah (LHM) Jabar ke PDM Kota dan Kebupaten se Jawa Barat.

 

 

3.  Program Pengembangan Kemitraan

 

Program ini bertujuan meningkatkan intensitas dan kualitas hubungan organisasi (ke luar) dalam memerankan fungsi strategisnya persyarikatan Muhammadiyah di Jawa Barat. Program pengembangannya adalah sebagai berikut.

 

a.  Meningkatkan partisipasi Muhammadiyah Jabar dalam forum-forum regional dan nasional;   

 

b.  Meningkatkan komunikasi, jaringan, dan kerjasama dengan ormas-ormas setingkat serta kekuatan strategis lain, baik yang berlandaskan keagamaan, kedaerahan atau kebangsaan;

c.  Mengembangkan kerjasama yang proaktif dan harmonis dengan berbagai pihak/instansi pemerintah maupun swasta yang saling menguntungkan, bagi pemenuhan kepentingan ummat dan warga masyarakat Jawa Barat.

 

 

4.  Program Pemberdayaan Anggota dan Kader

 

Program ini bertujuan berkembangnya jumlah dan mutu kader dan anggota Muhammadiyah di Jawa Barat sebagai pelaku gerakan persyarikatan yang kondusif bagi pelaksanaan Islam yang sebenar-benarnya. Program pengembangannya adalah sebagai berikut.

a.  Mengembangkan model-model pengembangan jumlah dan mutu anggota dan kader Muhammadiyah;

b.  Meningkatkan mutu kader Muhammadiyah di dalam dan luar negeri melalui optimalisasi kerjasama dengan berbagai instansi dalam dan luar negeri;

c.  Menggalang potensi kader  Muhammadiyah di Jawa Barat yang tersebar pada berbagai instansi bagi pengembangan visi dan misi persyarikatan;

d.  Meningkatkan ikatan persaudaraan kader pada berbagai instansi melalui berbagai kegiatan rutin tradisi Muhammadiyah.

e.  Mengintensifkan pembinaan alumni jamaah haji LHM Jabar sebagai kader pengeembangan idiologi dan dawah amar maruf nahi munkar persyarikatan.

 

 

5.  Program Pemberdayaan Keluarga  

 

Program ini bertujuan meningkatnya mutu kehidupan beragama keluarga kader dan anggota Muhammadiyah di Jawa Barat. Program pengembangannya adalah sebagai berikut.

a.  Membuat, menyebarkan, dan membinakan tuntunan praktis berkeluarga yang sakinah diwarnai mawaddah wa rahmah;

b.  Memperbanyak model-model bimbingan, konseling, advokasi, serta pusat – pusat pemecahan krisis keluarga (family crisis centre);

c.  Meningkatkan gerakan penggunaan alat komunikasi yang baik benar dan sehat, seperti TV, radio, hp, telp rumah dsb.nya;

d.  Membuat tuntunan, menyebar-luaskan, dan mendidikan cara hidup sehat dalam keluarga sejak lahir sampi kematian dengan kekhusuan dalam reproduksi;

e.  Menggerakkan budaya membaca, menulis, mendengar pendapat orang lain, berdiskusi, berdebat argumentative, serta mengaku kelemahan atau kesalahan diri sendiri.

 

 

6.  Program Partisipasi Kebangsaan

Tujuan program ini adalah berkembangnya peran strategis Muhammadiyah di Jawa Barat dalam penentuan kebijakan-kebijakan publik masyarakat Jawa Barat. Program pengembangannya adalah sebagai berikut.

a.  Meningkatkan komunikasi dan kerjasama secara proaktif dengan institusi-institusi penentu kebijakan publik;

b.  Meningkatkan perhatian, kepedulian, dan penyikapan terhadap persoalan-persoalan publik;

c.  Meningkatkan prakarsa untuk memperjuangkan aspirasi masyarakat banyak ke instansi yang proporsional untuk aspirasi tersebut;

d.  Meningkatkan aspirasi dan komunikasi dengan ormas Islam, memprkuat ukhuwwah Islamiyah serta menyelesaikan masalah strategis ummat;

e.  Memperkuat posisi dan peran Muhammadiyah dalam berbagai kegiatan strategis, selektif, dan produktif bagi kepentingan ummat dan bangsa.


Berita

Agenda

Pengumuman

Link Website